Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Mobil Timor dan harga pasaran nya hingga kini


 

Mobil Timor semakin lama semakin di minati oleh banyak orang, khusus nya para pecinta mobil klasik era 90 an. Dulu nya mobil ini hanya bisa di miliki oleh kaum elit saja. namun ada masa nya mobil ini malah diburu dan dicari banyak orang, sebab harga nya yang mulai turun saat ini. kemungkin karena faktor usia kali ya !.

Nah, buat sobat yang lagi mencari cari mobil klasik ini, dan ingin mengetahui berapa sih harga pasaran mobil Timor saat ini !. Yuk sobat mobil pemula simak di bawah ini.

Mengenal Apa Itu Mobil Timor ?

Sebelum mengetahui lebih lanjut berapa harga pasaran  Mobil Timor ini. bagi sobat mobil pemula yang belum tau apa sih mobil Timor itu ? dan kenapa mobil tersebut dinamakan Timor. 

Terlintas kata kata tersebut sangat asing di dengar oleh anak zaman sekarang, tidak seperti hal nya mobil avanza, toyota,ayla,dan mobil keluaran terbaru lain nya.

Ya, Mobil Timor adalah salah satu mobil yang di keluarkan oleh PT. Timor Putra Nasional, yang sejarah nya berdasarkan keputusan presiden soeharto pada tahun 1996 yang bertujuan untuk membangun dan mewujudkan industri mobil nasional. 

Meskipun saat itu sudah berganti presiden, namun mobil timor ini masih di produksi dari tahun 1996, 1997, hingga 2001 dan 2002.

Mobil Timor Sedan

Orang di zaman itu lebih mengenal mobil ini dengan sebutan mobil Timor, dan hingga saat ini di sebut dengan mobil Timor. Mobil ini dulu nya banyak di keluarkan dengan model mobil sephia dan berjenis sedan. Jika dilihat hampir semua mobil Timor rata rata berjenis mobil sedan. Hanya berbeda type nya saja.

Berikut beberapa Type mobil timor yang banyak peminat nya :

  • Timor S515 1498CC SOHC (karburator)
  • Timor S515i 1498cc DOHC (Injeksi)
  • Timor SW516 Station Wagon 1600cc DOHC (injeksi)
  • Timor R Coupe
  • Timor Sport Edition 1600cc Prodrive License
  • Timor SL516I Limousine 4-doors & 6-doors
  • Timor S513/s2 City Car

Mobil klasik ini tidak hanya di minati oleh orang tua saja, akan tetapi meskipun usia mobil nya sudah tua justru malah di gemari oleh anak anak muda zaman now. 

Kenapa mobil ini sangat di minati oleh anak muda saat ini ? yaitu selain karena mereka pecinta mobil klasik, mobil seperti ini sangat mudah untuk di modif sesuai keinginan hingga menjadi mobil yang keren kekinian. Bisa kita lihat banyak pameran pameran mobil klasik justru di isi oleh anak anak muda.

Lalu apa beda nya Timor DOHC dengan Timor SOHC ? nama tersebut adalah nama mesin yang di pakai oleh mobil Timor tersebut.  

SHOC ( Single Over Head Camshaft) kepala slinder mempunyai camshaft tunggal berfungsi untuk mengatur katup masuk bahan bakar dan katup gas buang, sedangkan DOHC (double over Head Camshaft ) yaitu memiliki lebih dari satu camshaft di kepala silinder nya.

Pasaran harga mobil sedan timor termurah di indonesia

Harga pasaran mobil sedan timor saat ini untuk setiap daerah di indonesia sangat berbeda beda. Tergantung dari jenis, type, dan kondisi mobil nya. 

Berikut adalah estimasi harga pasaran mobil klasik Timor hingga saat ini. jika dilihat dari harga mobil zaman sekarang bisa di katakan pasaran harga tersebut sangat murah.

  • Harga mobil timor 1996 SOHC = Rp. 30.000.000
  • Harga mobil timor 1997 DOHC = Rp. 31.000.000
  • Harga mobil timor 1998 DOHC = Rp. 32.500.000
  • Harga mobil timor 1999 DOHC = Rp. 33.000.000
  • Harga mobil timor 2000 DOHC = Rp. 36.000.000
  • Harga mobil timor 2001 DOHC = Rp. 35.600.000
  • Harga mobil timor 2002 DOHC = Rp. 40.000.000

Harga diatas bukanlah harga seluruh penjualan di indonesia, namun di beberapa tempat harga nya berbeda, bahkan ada yang Rp.15.000.000 hingga Rp.25.000.000. dan juga di lihat dari kondisi mobil nya juga. 

Kesimpulan 

Demikianlah sedikit mengenal apa itu Mobil Timor, dan kenapa kebanyakan orang menyebutnya Mobil Timor, serta berapa pasaran harga jika sobat mobil pemula ingin membeli nya.

Mas Arif
Mas Arif Hi, Aku mas arif suka menulis berbagai macam tutorial

Post a Comment for "Mengenal Mobil Timor dan harga pasaran nya hingga kini"